Kalender Hijriah

2020 Sukses Membuat Channel Youtube

1 comment

 بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ

Pada awalnya saya menulis “Akhirnya Aku Jadi PNS”. Ternyata mendapat sambutan yang sangat luar biasa, dibaca sampai puluhan ribu kali.

Bermula dari situ saya semakin semangat untuk menjadi pribadi yang bermanfaat, apalagi jika tidak salah di bulan agustus 2019 seleksi CPNS dibuka lagi. Saya menulis berbagai hal yang mempunyai nilai manfaat bagi para pejuang cpns, seperti tips memilih formasi, tips ruhaniyah, tips teknis dan sebagainya.

Selain itu juga membuat grup Whatsapp untuk mewadahi teman-teman yang ingin sharing dengan saya. Ternyata antusias mereka luar biasa, 1 grup WA pun penuh. Akhirnya saya membuat channel dan grup di telegram.

Bermula dari situ saya banyak berkomunikasi dengan teman-teman se-Indonesia. Visi utama saya dalam menemani mereka adalah mengajak mereka untuk #LibatinAlloh dan #AndelinAlloh dalam perjuangan menjadi CPNS.

Setelah menulis di blog dan membuat grup, saya merasa perlu mengembangkan media dakwah. Ada yang mengusulkan untuk membuat channel youtube. 

Saat itu sama sekali tidak punya rencana membuat channel, karena banyak sekali alasannya, seperti tidak tahu nanti isinya tentang apa. Juga takut jika dengan youtube juga semakin banyak dosa. Namun muncul juga keinginan untuk membuatnya.

Lagi dan lagi … #LibatinAlloh dalam mengambil keputusan. Saat itu jika tidak salah shalat maghrib dan isya, berdoa ke Alloh meminta petunjuk apakah harus membuat channel youtube.

Di pagi hari saya shalat subuh jamaah di masjid, setelah shalat berdoa dengan #LibatinAlloh, 6 Februari 2020 saya mengambil keputusan membuat channel youtube dengan nama “UBAY CHANNEL” (Tips Doa Mudah Terkabul)

Ini video pertama kali saya nekad tampil di youtube tanpa ada persiapan matang. Video ini setelah pulang dari masjid.

Setelah membuat youtube, saya pun merasa sangat ditolong oleh Alloh. Bagaimana tidak, 1.000 Subscriber didapatkan dalam waktu 5 hari. Dan untuk memenuhi syarat monetisasi yaitu 4.000 jam, ditempuh dalam waktu +- 1 bulan. Dan akhirnya Ubay Channel sudah bisa menampilkan iklan adsense.

Padahal setelah bergabung dengan komunitas youtuber pemula, untuk mendapatkan 1.000 subscriber itu sangat susah, apalagi sampai mendapatkan iklan. Mungkin mudah bagi para artis, publik figur, tapi untuk kalangan biasa seperti saya sebenarnya sangat susah. 

Kenapa saya terasa mudah?, Insha Alloh karena dari awal saya membuat channel youtube dengan #LibatinAlloh, kata Ustadz Hanan “orang yang melibatkan Alloh dalam keputusannya, maka Alloh akan membimbing di setiap langkahnya”

Beberapa bulan kemudian saya mendapatkan transferan uang dari google. Contohnya seperti di atas notifikasi transfernya. Bahagianya bukan kepalang, semakin semangat membuat konten dan membayangkan kemewahan uang. Apalagi saat itu saya masih ngontrak rumah (kisah suka duka di kontrakan), punya harapan besar untuk bisa membeli rumah dari hasil youtube.

Namun......... akhirnya, klik di sini 

Jangan lupa untuk mengisi  << klik

Related Posts

1 comment

  1. sukses selalu dalam mengelola blog dan channelnya mas, berkah share ilmunya.

    ReplyDelete

Post a Comment