Kalender Hijriah

Pengalaman Pertama Membuat BIMBEL CPNS

Post a Comment

 بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ

Sebelumnya saya tidak pernah mengajar di bimbel apalagi membuat bimbel. Pengalaman membuat bimbel ini pun tidak ada bimbingan dari siapapun, murni pertunjuk dari Alloh yang sangat luar biasa.

Di tulisan sebelumnya telah saya ceritakan, jika membuat grup pejuang cpns dan membuat channel youtube. Pada awalnya saya membuat konten youtube berupa materi power point yang hendak diujikan dalam SKB CPNS, seperti materi PAI dan Pedagogik. Yang kemudian file tersebut dibagikan secara cuma-cuma. Selain itu, juga membuat latihan soal untuk para pejuang cpns. Pada awalnya saya semangat sekali membuat itu hampir setiap hari tanpa memungut sepeserpun alias gratis. Karena semangat sekali dalam menebarkan manfaat sekaligus berdakwah. Padahal hampir setiap hari menghabiskan waktu untuk membuat itu, juga mengurangi waktu bersama anak istri.

Suatu hari ada seseorang anggota grup mengirimkan pesan yang membuatku termenung dan berfikir keras.

Dari chat beliau di atas, membuatku tersadar. Aku juga lelah, badan lelah, mata lelah di hadapan computer, akal setiap hari berfikir. Apalagi aku juga kasihan sama istri, setiap hari melihat suaminya menyendiri di Kamar Kontrakan tapi tidak tahu hasilnya

Awalnya  dilema “kan aku berdakwah, masa mau nyari untung”

“bay… ini ga nyari untung. Tapi menghargai semua yang telah kamu lakukan dalam berdakwah. Ok kamu ikhlas, bagaimana dengan anak istrimu? Apa kamu ga kasihan?. Ya udah gini aj, sebagai menjaga niat kamu berdakwah, karyamu jual dengan Harga yang mudah dijangkau orang-orang”. Begitu lah kira-kira dialog intrapersonalku.

Akhirnya bismillah 7 April 2020 dengan #LibatinAlloh dalam mengambil keputusan, karya yang saya buat dikomersilkan. Yaitu file yang dibagikan awalnya gratis, sekarang berbayar dan sekaligus Alloh memberikan hidayah untuk membuat bimbel CPNS. Yang kemudian hari diberi nama “UBAY BIMBEL”.

Kemudian saya membuat iklan bahwa ubay membuka bimbel berbayar khusus untuk CPNS – PAI. Masya Alloh, baru awal pembukaan yang mendaftar kuran lebih 200 orang se Indonesia, yang kemudian bertambah lagi total semua +- 350 peserta.

Masya Alloh, setelah banyak yang mendaftar, saya bingung mau ngapain, bagaimana media, metode dan teknik pembelajarannya. Lagi dan lagi #LibatinAlloh, minta tolong kepada-Nya agar diberi petunjuk dalam mengelola bimbelnya. (Tips Doa Mudah Terkabul)

Sudah mendekati pembukaan pembelajaran pun saya belum menemukan konsepnya hingga di hari pembukaan saya mengadakan perkenalan satu sama lain. Agar mereka saling berkenalan dan saya mempunyai kesempatan untuk berfikir matang-matang.

Bismillah saya nekad mengadakan pembelajaran di grup telegram, dengan cara memberikan materi via rekaman suara lalu dikirimkan di grup. Untuk mendukung pemahaman peserta, menambahkan dengan file yang telah dibuat juga kuis-kuis maupun latihan soal-soal. Biasanya diadakan di malam hari jam 20:00 – 21:30 WIB dan berjalan dari bulan April kalau tidak salah sampai bulan September 2020.

Di dalam bimbel, saya tidak hanya mengajarkan materi atau pengetahuan saja, tapi lebih menekankan bagaimana menjadikan Alloh sebagai tujuan dan pegangan utama dalam mewujudkan impian. Yaitu dengan mengajak peserta senantiasa #LibatinAlloh dan #AndelinAlloh.

Dengan cara mengajak untuk meningkatkan kualitas ibadah, seperti menjaga shalat 5 waktu, tahajud, sedekah dan shalawat. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah berdoa. Berdoa untuk sendiri, bantuan doa dari teman terutama kedua orang tua dan juga saling mendoakan sesama teman bahkan pesaing pun doakan, sehingga melatih bagaimana keikhlasan atau #AndelinAlloh nya menyerap ke hati dan jiwa. 

Karena saya sadar, kita manusia lemah, belajar pengetahuan saja tidak cukup, butuh power atau pertolongan Alloh yang tentunya dengan cara yang syar’I bukan meminta ke dukun atau “orang pintar”. Tapi memaksimalkan cara yang telah diajarkan oleh Rasulullah.

Tiba saatnya mereka menjalani tes tahap akhir, jika tidak salah di bulan September 2020. Biarpun saya tidak ikut tes, juga merasakan cemas, sehingga tidak lupa berusaha selalu mendoakan mereka agar Alloh menjadikan mereka sebagai ASN yang bertaqwa.

Alhamdulillah, setelah berbagai proses dilalui dan pengumuman masing-masing instansi telah selesai, akhirnya dari +- 350 peserta Ubay Bimbel yang lolos menjadi CPNS sebanyak +- 224 peserta yang tersebar di berbagai wilayah, bahkan banyak yang menjadi Top Skor atau nilai tertinggi di sesinya. Allohu Akbar.

Ini hasil yang sangat luar biasa, bukan saya yang hebat. Tapi Alloh lah yang memudahkan semuanya. Juga karena keimananan, keistiqomahan dan kesungguhan mereka dalam #LibatinAlloh dan #AndelinAlloh dalam berjuang. Belum lagi, saya juga membuat grup belajar gratis, bedanya di sini saya tidak terlalu intens dalam mendampingi. Namun tetap mengkampanyekan untuk #LibatinAlloh dan #AndelinAlloh dalam berjuang, hasilnya luar biasa. 

Jangan lupa untuk mengisi  << klik

Banyak sekali yang menghubungi maupun bercerita telah berhasil mewujudkan impiannya menjadi CPNS berkat pertolongan Alloh. Berikut beberapa contohnya:

Alhamdulillah sangat bermanfaat bagi kami terutama motivasi ustadz ubay dalam merangkul kami untuk melibatkan Allah pada setiap usaha yang kami lakukan - Ariandra Satria

Alhamdulillah puas sekali, dapat ilmu yang tidak didapat saat kuliah jadi lebih faham dan yang terpenting sekarang lebih andelin Alloh libatin Alloh dalam segala sesuatu karena bimbingan ustadz Ubay, terimakasih ustadz Alloh takdirkan aku jadi CPNS 2019 lewat bimbingan njenengan. - Rita Raswati

Awalnya saya iseng aja ikut bimbel dan tidak terlalu fokus menyimak materi. Tapi melalui bimbel kak ubay dengan semboyan utamanya "libatin & andelin Allah" saya sadar doa harus disertai usaha. Dengan modal bismillah dan yakim saya mulai semangat belajar, dan alhamdulillah Allah mrngabulkan hajat saya menjadi cpns tahun ini. Jazakillahi khairan kak ubay – Lestari

Tidak pernah menyangka, di bimbel ust ubah ini tidak hanya mendapatkan materi. Disini kami juga dibimbing secara spiritual, management waktu dan qolbu, jadi sungguh sangat berimbang. Kami diingatkan selalu untuk tujuan utama dan mempersiapkan diri untuk setiap hasil ujian nanti. Oh ya di bimbel ini juga kami mendapat saudara baru yang cemistry nya kuat banget melebihi keluarga - Erik Puspita Sari

Mengikuti bimbel Ustadz Ubay, diibaratkan ketika kita di restoran seperi memilih paket menu, komplit, nikmat dan terjangkau,, di bimbel ini saya merasakan motivasi yang sangat kuat secara lahir dan batin, dan juga meliau Ustadz Ubay berhasil menyatukan seluruh anggota Bimbel mejadi seperti satu keluarga yang saling mencintai dan saling menghargai... sukses terus buat Bimbel Ubay... aminn - Handiq Masturi

Alhamdulillah dengan ikut bimbel ust ubay menjadi kan saya lebih dekat dengan Alloh dan saya jd belajar banyak tentang arti sabar dan ikhlas, semakin taat pada suami, lebih bakti lagi kepada orang tua, semakin yakin kalau Alloh itu pasti akan menepati janjinya - Nur Faiqoh

Alhamdulillah dapat pencerahan dengan melibatkan Allah dan mengandalkan Allah. Menjadi rajin ibadah wajib dan sunah. Menjadi Ringan bersedekah dan perhatian sama ana yatim - Rahmat Fauzi.

Alhamdulillah Semakin lebih banyak bergantung kepada Allah, setelah ikhtiar dan doa(Libatin Allah dalam segala hal)-Siti H J

Related Posts

Post a Comment