Kalender Hijriah

2021 Buku Pertama Terbit

1 comment

بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ


Siapa yang tak ingin menerbitkan buku. Termasuk saya pun dari dulu ingin sekali menerbitkan buku. Tapi entah kenapa bertahun-tahun belum juga berhasil menerbitkan.

Banyak sekali alasan kenapa penulis pemula seperti saya belum menerbitkan buku, di antaranya:
  • Tidak bisa atau tidak terbiasa menulis
  • Tidak tahu apa yang harus ditulis
  • Tidak mempunyai link atau mengetahui cara sampai ke penerbit
  • Tidak percaya diri, takut dan malu untuk menerbitkan karya atas namanya, dan lain-lain.

Saat kuliah S2, kami dilatih untuk menulis jurnal, setelah itu dikirim ke penerbit. Endingnya membuatku jengkel, karena punya temen yang bisa dikatakan full copas justru lolos dan diterbitkan, sedangkan saya menulis jerih payah tidak lolos juga.

Mulai dari situ saya sudah mulai malas menulis untuk diseleksi, karena ujung-ujungnya sakit hati. Namun saya tidak berhenti menulis.
Saya beralih menulis ke blog seperti ini, di blog saya bisa bebas menuangkan isi pikiran dan perasaan tanpa diatur oleh sistematika dan aturan ilmiah. Bebas menggunakan gaya bahasa maupun kalimat sendiri. Juga bebas dan simpel dalam membagikan apa yang saya tulis ke orang lain.

Namun tetap saja masih ingin menerbitkan buku, ingin sekali nama saya terpampang di cover buku. Tapi belum juga menemukan jalan, seperti di kisah sebelumnya, saya membuat e-book yang didesain persis seperti buku cuma dalam bentuk pdf.
Saya mengedit sendiri, membuat layout sendiri, kalau cover meminta orang lain untuk membuatkan dan memasarkan sendiri. Sehingga lagi dan lagi tidak ada aturan ilmiah yang menjegal. Sebagaimana cerita sebelumnya Pertama Kali Membuat BIMBEL, saya juga membuat file-file yang awalnya gratis kemudian dijual. Kemudian juga membuat e-book ini yang kemudian dijual dalam waktu 4 hari menghasilkan keuntungan bersih +- Rp 10.000.000,-. Masya Alloh Alhamdulillah bahagia dan bangga sekali. 

Tapi saya belum puas juga, karena itu bukan buku asli secara fisik dan belum diterbitkan oleh penerbit beneran. Sehingga tetap mempunyai impian menerbitkan buku asli.

Atas pertolongan Alloh, suatu hari terlintas di pikiran, menggandeng penerbit untuk kerja sama. Saya pun dengan percaya diri menghubungi beberapa penerbit, walaupun saya belum mempunyai pengalaman apa-apa terkait kerja sama dalam hal itu.
Alhamdulillah ada satu penerbit yang menerima tawaran.

Setelah dimusyawarahkan, mekanisme kerjasamanya yaitu saya menjualkan buku CPNS produk beliau, tentunya dengan harga yang spesial. Sebagai bukti keseriusan, beliau mengirimkan buku ke alamat saya secara gratis.  

Kemudian saya mereview buku tersebut di youtube, yang ternyata mendapatkan respon sangat bagus. Ditonton sampai 16.000 kali.
Sedangkan untuk penjualan saya membuat toko online UBAY STORE di Shopee dan Tokopedia, dan hasilnya luar biasa. Terjual +- 400 eksemplar. Ini pengalaman pertama menjual barang terjual banyak.

Saat itu terpintas lagi di pikiran, “apalagi kalau menjual buku sendiri, tentunya semakin semangat”. Berfikir keraslah saat itu. Kemudian bilang ke pemilik penerbitnya, yang intinya saya bertanya bagaimana kalau saya menerbitkan buku sendiri. Jawabannya pun membuatku bahagia, yaitu tidak hanya meng-iya-kan, tapi juga mendukung.

Lagi dan lagi #LibatinAlloh, minta bimbingan kepada-Nya. (Tips Doa Mudah Terkabul) Karena belum menemukan ide atau judul buku yang tepat. Akhirnya saya menyusun buku dengan judul RANGKUMAN ILMU KEPENDIDIKAN. Yang berisikan materi-materi untuk guru maupun aktivis pendidikan, yang juga bisa digunakan dalam seleksi PPPK Guru, PPG maupun yang lainnya.

Setelah penyusunan jadi, maka saya kirimkan ke penerbitnya. Setelah berbulan-bulan menunggu, akhirnya bulan Juli 2021 sebuah buku dengan cover bertuliskan nama Ngubaidillah, M.Pd sampai juga di rumah.
Sungguh rasanya sangat bahagia sekali. Impian yang selama bertahun-tahun akhirnya Alloh mewujudkannya. Di dalam benak saya, dicetak satu atau dua pun saya mau, yang penting karyaku menjadi buku beneran. Namun saat itu saya mencetak 50 buku. Yang belum tahu apakah buku saya ada yang mau membaca dan laku di pasaran. Tapi optimis!

Ini lah yang semakin membuatku bahagia, 50 buku ternyata habis +- hanya 3 hari, setelah itu mencetak +- 50 lagi, dan habis lagi. Berhubung itu buku atas nama saya sendiri, maka harus modal cetak sendiri, promosi sendiri dan menjual sendiri.  Akhirnya nekad modal 10juta lebih untuk mencetak 500 eksemplar.
Saya pun menjual secara online maupun offline. Dan hasilnya………
Karena #AndelinAlloh, minta pertolongan kepada-Nya, berusaha menyerahkan segala urusan kepada-Nya, akhirnya 500 buku pun ludes dan mencetak lagi. Alloh tidak hanya mewujudkan impian buku terbit, tapi Alloh memberikan rizki di balik buku yang terbit.
Allohu Akbar!, Insha Alloh akan mencetak buku ke 2, ke 3 dst, dengan tujuan utama untuk menebarkan ilmu Alloh.

hikmahnya:
Harus tetap mempunyai impian
Biarpun sering bertemu dengan rintangan
Tapi ada Alloh yang Maha Menunjukkan
Libatin Alloh dalam Keputusan
Maka Alloh akan membimbing di setiap Langkah dan Tujuan
Andelin Alloh PASTI MENANG!

Semoga Alloh memberikan kita rizki yang berkah dan melimpah.
Jangan lupa untuk mengisi  << klik

Related Posts

1 comment

  1. Masya Allah Mantab ustad... semoga bisa nular ke saya. aamiin

    ReplyDelete

Post a Comment