Kalender Hijriah

Persiapan Sebelum Menikah

Post a Comment

بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ

Assalamu'alaikum Sobat Ubay Channel
Apa kamu belum menikah?, apa yang menyebabkanmu belum menikah?
Karena belum ada calon? atau belum punya modal? atau karena belum dapat restu orang tua? atau lamaran ditolak?

Tenang wahai saudaraku, semua itu telah saya alami dari tahun 2015 hingga akhirnya menikah 2018. 3 tahun perjuangan panjang. Saya pun merasakan betapa inginnya mempunyai pasangan sah, apalagi jika pergi ke pernikahan seseorang, rasanya tidak betah lama-lama, karena merasa diri paling menderita.

Oke saudaraku, sekarang saya ingin berbagi Persiapan Sebelum Pernikahan

1. Impian atau DREAM

Yups… ini sangat perlu. Ketika 2013, saat itu saya semester 2. Saya menuliskan di buku Impian, disitu tertulis saya akan menikah di usia 25 tahun. Alhamdulillah betul sekali menikah di usiaku 25 tahun. 
Sehingga kamu juga harus mempunyai rencana, impian dan optimis kapan menikah. Jangan menyerah dengan keadaan, keadaan bisa dirubah dengan optimisme Pikiran dan Ucapan.


2. Libatin Alloh dan Andelin Alloh

Lebih lengkapnya silahkan , namun di tulisan ini saya menyoroti tentang DOA. Ini yang paling penting “DOA IS THE BIGGEST POWER”.  Ketika kamu seperti saya, yang tidak punya kekuatan apa – apa, harta tak punya, rupa biasa – biasa saja, tidak banyak kenalanya, Jangan Khawatir … Alloh lah yang mempunyai semua itu. So… Curhat sama Alloh.
Dan perlu diingat lagi, ketika berdo’a, minta kepada Alloh jangan tanggung – tanggung. Kalau perlu tulis di kertas, kriteria pasangan yang kamu inginkan, lalu hafalkan atau baca ketika berdoa. Saya pun seperti itu, saya tulis dan saya hafalkan. Dan saya minta ke Alloh yang super bangetSoleha, cantik, tinggi, S1, yang mau diajak nikah "apa adanya" dan sebagainya.
Selain itu saya juga berdoa dengan doa Nabi Zakariya
وَزَكَرِيَّا إِذْ نَادَىٰ رَبَّهُ رَبِّ لَا تَذَرْنِي فَرْدًا وَأَنْتَ خَيْرُ الْوَارِثِينَ
Dan (ingatlah kisah) Zakaria, tatkala ia menyeru Tuhannya: "Ya Tuhanku janganlah Engkau membiarkan aku hidup seorang diri dan Engkaulah Waris Yang Paling Baik.
Saya dulu pernah membaca doa ini sambil menangis, karena impian pernikahan tak kunjung juga terwujudkan.


3. Ibadah Wajib dan Sunnah

Tidak bisa ditawar lagi, Ibadah wajib tidak boleh satu kali pun ditinggal secara sengaja. Dan yang paling utama adalah salat. Sholat tidak ada celah untuk meninggalkan. Jika puasa diperbolehkan bagi yang sakit atau perjalanan jauh. Tapi solat tidak, biarpun sakit atau dalam perjalanan.
Setelah menjaga ibadah wajib. Akan lebih indah ditambah sunnah, seperti puasa senin kamis, shalat tahajud, bersedekah dan sebagainya. 

4. Memperbanyak ilmu

Pernikahan adalah permasalahan besar. Jadi seharusnya mempersiapkan senjatanya, yaitu ilmu. Seperti ilmu
- Fikih Pernikahan ; dari akad, talaq, khuluq, zihar, dan sebagainya
- Manajemen Keuangan, manajemen komunikasi, dsb
- Pendidikan, Ketika menjadi seorang suami, mempunyai kewajiban mendidik istri dan anak. Sehingga perlu sekali "apa yang akan diajarkan?" dan "Bagaimana cara mengajarkan"
Ketika kita tidak punya kelebihan apa-apa, selain berdoa, hal ini lah yang harus kita miliki. Yaitu berilmu.


5. Tetap Berusaha

Setelah melakukan semua di atas, tetap melakukan usaha nyata, seperti taaruf. Jangan hanya berpangku tangan.

Semoga Alloh memberikanmu jodoh yang soleh/a, tampan dan yang paling penting saling membahagiakan dunia akhirat.........aaamiiin 
Jangan lupa untuk mengisi  << klik

Related Posts

Post a Comment