Kalender Hijriah

Ya ALLOH! Kenapa HIDUPKU penuh MASALAH?

Post a Comment

Bismillah

Allohumma Shalli ala Muhammad, Amma ba’d

Bagaimana kabar saudaraku seiman dan seislam?, semoga Alloh senantiasa melancarkan rezeki kepadamu sekeluarga.

Berhubung, ada beberapa yang curhat terkait masalahnya yang begitu kompleks. Terkait keluarga, orang tua, pekerjaan, dll. Kali ini aku menulis untuk menjawab curhatanmu itu….

Wahai saudaraku…
Aku percaya kamu merasa berat dengan masalah yang kamu hadapi saat ini.
Dan mungkin masalah mu lebih berat dari masalahku.
 kenapa masalah tidak kunjung usai, masalah ini belum juga beres, muncul lagi, muncul terus
Daftar kerja dimana-mana selalu ditolak, nganggur berbulan-bulan bahkan bertahun2
Ditambah lagi bermasalah dengan orang tua, saudara, anak atau pasangan.
Belum lagi, cacian hinaan memenuhi telinga dari tetangga atau teman2.

Aku tau, perasaanmu begitu sedih…
Dan kamu bingung mau curhat ke siapa.
Dan kau pendam terus masalah itu sendiri.
Kau merasa tidak ada yang pantas untuk kamu jadikan tempat curhat
Tenang! Wahai saudaraku. Aku pernah merasakan seperti apa yang kamu rasakan. Walaupun mungkin masalahmu lebih berat

Sebelumnya marilah kita bermuhasabah / intropeksi dulu, terkait masalah yang kita hadapi.
wahai saudaraku…..
sejatinya masalah itu ada 2 hal
yaitu Ujian dan Peringatan / Azab

Peringatan / Azab
Wahai saudaraku, ketika kita merasa masalah tidak kunjung usai,
Marilah kita mengingat masa lalu atau apa yang telah kita lakukan
Jangan2 semua masalah ini adalah karena kemaksiyatan di masa lalu
Karena dosa dosa yang telah dianggap biasa
Coba ingat saudaraku….
Apakah karena selalu meninggalkan sholat wajib? Biarpun bolong-bolong
Atau karena sudah menduakan Alloh, dengan percaya jimat2 atau perdukunan/horoskop
Atau telah menyakiti hati orang tua
Atau karena maksiyat masa lalu telah mengumbar syahwat melalui pacaran yang berujung perzinahan
Atau karena telah tercebur dalam dunia RIBA yang sangat Alloh benci
Atau karena pernah menyakiti saudara, teman2, tetangga
Bahkan
Atau karena pernah menyiksa binatang yang harusnya disayangi

Wahai saudaraku…
Termasuk mana yang pernah dilakukan?
Kalau ada, 1 saja.
Insha Alloh, semua masalah yang selama ini adalah Peringatan / AZAB dari Alloh.
Maka dari itu, kalau ingin masalahnya terurai, MARILAH TAUBAT.
Alhamdulillah
Harus bersyukur dulu…
Alloh tuh sayang dengan kita,,,
Kenapa memberi Peringatan di dunia
Agar kita Ingat mendekat dan taubat sebelum ruh di badan lenyap
Lalu bagaimana cara taubatnya? Lanjut di bawahnya

Ujian
Saudaraku….
Ketika kamu merasa selalu shalat, bahkan menambah shalat sunnah, puasa sunnah, bersedekah, berbakti ke orang tua, dll segala kebaikan
Tapi kenapa…seolah-olah Alloh sama sekali tidak mendengarkan doa kita.
Jutru orang lain yang dikira biasa-biasa saja dalam berislam, justru hidup mereka terlihat penuh dengan kebahagiaan
Sedangkan kita..
Masih tetap seperti ini saja… sengsara terus

Saudaraku! STOP!
Alloh tidak tidur saudaraku,
Alloh tau siapa yang siapa yang taat, dan siapa yang maksiyat
Alloh sedang menguji kita saudaraku!
Sejauh mana kita bersabar, sejauh mana kita ikhlas dalam beribadah

Aku pernah merasakan itu saudaraku!
Dari SD-SMP-SMA sampai kuliah, aku selalu berusaha di jalan Alloh,
Menjauhkan diri dari segala dosa besar
Bahkan menambah ibadah-ibadah sunnah
Tapi kenapa hidupku biasa-biasa saja, bahkan selalu kekurangan
Sakit…
Iri…
Sedih…
Ketika melihat teman2ku masuk ke Kampus Elit Favorit, sedangkan aku tersesat di kampus swasta pinggiran
Ketika melihat teman2 menikah sedangkan aku ditolak berkali2 karena aku miskin
Ketika melihat teman2 bekerja di perusahaan dan pulang membangun rumah, sedangkan aku masih mencuci piring di warung untuk menyambung hidup saat kuliah. lulus kuliah merantau di Kalimantan, kerja lebih keras lagi dengan buruh kasar harian, dengan memegang cangkul / parang / semprotan, dll di bawah panasnya terik matahari di khatulistiwa.
YA ALLOH…
Sungguh sedih saudaraku!
Tapi kamu tahu???
Aku tetap bersabar, aku yakin, ALLOH TIDAK AKAN MEMBIARKAN HAMBA-NYA YANG BERTAQWA.

Aku harus mengakhiri KESUSAHAN INI
Lalu bagaimana caranya saudaraku untuk keluar dari masalah ini semua?
Berikut ini langkah-langkahnya:
1. Bertaubat/minta ampunan ke Alloh
Sungguh saudaraku!
Yang mendatangkan azab Alloh hanya karena dosa kita. Maka dari itu, marilah kita bertaubat dengan sungguh-sungguh dari dosa masa lalu. Dan kita berusaha mati2an untuk tidak mengulangi lagi.

2. Sabar
Yang kedua sabar!
Alloh memerintahkan kita, ketika ada masalah untuk minta pertolongan kepadanya dengan cara
ÙŠَا Ø£َÙŠُّÙ‡َا الَّØ°ِينَ آمَÙ†ُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ ÙˆَالصَّÙ„َاةِ ۚ Ø¥ِÙ†َّ اللَّÙ‡َ Ù…َعَ الصَّابِرِينَ
Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan ke Alloh dengan sabar dan shalat, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar (Al Baqarah:153

Maksudnya sabar itu apa?
Saat ujian atau masalah menimpa, kita hadapi dengan sabar.
Maksudnya sabar untuk tidak mengeluh ke siapapun sebelum mengeluh dan mengadu ke Alloh.
Sabar di era digital saat in, seperti ketika ada masalah tidak langsung diumbar di whatsapp, facebook, ig, dll
Tapi…

3. Sholat
Setelah sabar, lalu menghadap Alloh, yaitu SHOLAT.
Kenapa sholat?
Hanya sholat lah, jalan terbaik untuk mendekat ke Alloh
Dan ini lah yang dilakukan oleh Idola kita, yaitu Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam
Tidak ada suatu masalah yang menimpa, melainkan Rasulullah saw langsung shalat, biarpun 2 rekaat
Bahkan ada cerita, seorang sahabat Rasulullah saw hendak dipenggal kepalanya oleh orang kafir, tapi beliau sebelum dipenggal minta waktu untuk shalat 2 rekaat

Saudaraku…
Orang beriman tahu, semua masalah itu dari Alloh, jadi tidak ada rasa takut atau sedih
Maka dari itu, Shalatlah!
Shalat apa?
Bebas, saat ini jam berapa?
Kalau saat ini bukan waktu solat wajib, shalat sunnah lah
Shalat Mutlak/tahajud/duha
Serius!
Setelah selesai baca ini, kamu sholat!
Ketika sujud dalam shalat, saat itu kepala kita dengan isinya sedang berada pada titik NOL.
Saudaraku apakah kamu tahu?
Justru saat itu, Insha Alloh derajat kita sedang tinggi-tingginya di sisi Alloh
Apalagi di dalam sujud terakhir itu, kita memohon ampunan kepada Alloh dengan penuh penyesalan sehingga tanpa terasa air mata meluap.
Nikmati!
Itu lah saat terindah dalam hidup ini saudaraku
Kita bisa bermenit-menit bahkan berjam2 menangis di dalam sujud karena Alloh.
Kalau kamu udah merasakan itu, berlama-lama lah, nikmati lah
Minta lah ke Alloh, agar kelak kita mati dalam keadaan seperti itu.

4. Dzikir
Setelah shalat
Kita lanjut dzikir… dzikirnya apa?
Bebas…
Ada shalawat allohumma shalli ‘ala Muhammad
Astaghfirullah, Subhanalloh, Alhamdulilah, Allohu Akbar
Subhanalloh wabihamdih, subhanalloh al ‘adzim
Bebas pilih yang mana
Yang penting… saranya, dzikirlah yang lama
Kalau dulu aku seringnya 5 menit
Setiap ngucapin itu, boleh sambil melamun, atau tiduran, yang penting lidah berdzikir.
Lebih baik lagi… kalau setiap kalimat dzikir itu
Hati kita menyerapi maknanya sesuai dengan yang kita rasakan
Contohnya…. LA HAULA WA LA QUWWATA ILLA BILLAH. Secara garis besar artinya Tidak ada kekuatan selain kekuatan Alloh
Ucapkan di hatimu
Ya Alloh!
Aku tak sanggup menghadapi ini
Tak ada lagi yang sudi dengan ku
Tak ada lagi yang ku harapkan
Aku lelah ya Alloh
Tak ada satu orang pun  yang bisa menolongku
Ya Alloh begitu berat jaln hidupku
Aku menyerah ya Alloh

ILLA BILLAH
Aku menyerah diri pada Mu Ya Alloh
Aku yang penuh dosa, meminta pertolongan pada-Mu
HANYA KAU YA ALLOH
Yang jadi harapanku satu-satunya
Berilah aku pertolonganmu
Berlah aku keajaiba-keajaibanMu Ya Rabb

5. Membaca atau mendengarkan Al Qur’an
Untuk semakin menenangkan hati, baca lah Al Qur’an, atau kamu bisa mendengarkan Al Qur;an di HP seperti suara Syaikh Mishari, Ust Hanan Attaki (barakallohu fihim), dll. Usahakan untuk menghindari lagu2 galau2 karena cinta, itu lah yang membuatmu semakin sedih. Marilah ganti dengan Al Qur’an, atau…..

6. mendengarkan ceramah-ceramah ustadz-ustadz
Dengarkan ceramah-ceramah dari para asatidz yang sering memberi penyemangat, seperti Ustadz Hanan Attaki, Ustadz Adi Hidayat, Buya Yahya, dll (barakallohu fihim). Download lalu dengarkan terus menerus, bisa ketika kamu lagi santai, atau bahkan lagi galau2nya, dengerin itu berulang kali. (koleksi vidionya klik t.me/vidiokajianislam)

7. minta maaf ke orang tua, terutama ibu.
Karena siapa tahu, semua masalah itu karena kita pernah menyakiti hati orang tua. Marilah kita peluk mereka, cium kakinya, minta maaf lah, lalu minta doanya
pak… mah
Maafkan aku yang selalu menyakitimu
Kau telah melahirkanku, membimbingku, membesarkanku sehingga seperti sekarang
Tapi aku belum sekalipun bisa membuatmu bahagia
Maafkan aku mah pah..
Semua ini karena aku tidak nurut sama kalian
Mah … ijinkan dan doakan aku
Mulai dari sekarang, aku akan berusaha menjadi anak yang soleh
Tidak hanya membahagiakan kalian di dunia
Aku akan berusaha membuat kalian bahagia dan bangga kelak di alam kubur dan akhirat
Aku ingin kita berkumpul lagi kelak di surge-Nya Alloh
Pah…mah
Aku sayang kalian
Maafkan aku
Doakan aku… sekarang aku berencana untuk *****************************

8. bersedekah
Setelah itu, berjalanlah. Kita lihat orang2 di sekeliling kita atau sudara kita, yang ternyata mereka lebih menderita dari pada kita. Di jalan, banyak orang tua/mbah2 atau anak kecil yang masih berdagang untuk mendapatkan sesuap nasi, atau pengemis yang layak, kasihkan sebagian dari rezeki kita. Di situ lah Alloh akan mengaruniakan kelembutan hati kita.
Bisa juga dengan ditambah minta doa setelah memberi
mbah… tolong doakan aku ya? Agar Alloh mengampuni dosa2ku. Dan sekarang aku sedang berencana******************, doakan yam bah”
Awali dan akhiri dengan senyuman penuh keikhlasan

9. hadir di majlis ta’lim
Untuk menjaga keistiqomahanmu, hadir lah di majlis ilmu. Dimanapun ke ustadz siapapun. Hadirlah!
Biarpun ga paham
Biarpun ngantuk dan tidur
Kamu tahu?
Disitu lah ribuan malaikat Alloh hadir, untuk mendoakan orang2 di majlis itu. Masuklah!
Nanti insha Alloh kita juga akan menemukan teman yang selalu mengingatkan kita akan kemaksiyata, dan mengajak kita pada kebaikan.

10. Tawakkal
Terakhir… kalau itu semua sudah dilakukan secara terus-menerus, kita pasrahkan diri kepada Alloh. Kita yakinkan kepada Alloh, bahwa Alloh lah yang akan menyelesaikan segala masalah kita.
Insha Alloh jika semua cara di atas istiqomah dan ihlas dilakukan, aku yakin tidak sampai berbulan-bulan aka nada KEJUTAN-KEJUTAN DARI ALLOH.
Saya telah membuktikannya… (baca di sini)

Sekian dariku yang penuh dosa juga ini
Saya doakan
Ya Alloh… jika masalah2 yang sedang menimpa temanku yang sedang membaca ini karena dosanya
Ampuni lah Ya Alloh!
Bukankah rahmat dan Ampunan-Mu lebih luas dari semua dosa makhluk di bumi ini.
Ampunilah dia ya Alloh, dia telah kembali padamu ya Alloh.
Jangan biarkan dia kecewa ya Alloh

Dan jika masalah2 yang sedang menimpa temanku yang sedang membaca ini karena ujian dariMu
Berilah dia kesabaran dan keihlasan
Gantikanlah masalah2nya dengan keajaiban2 yang kan kau berikan
Hapuskan lah rasa putus asa dari hatinya
Gantikanlah dengan rasa penuh harapan kepada Mu, tanpa setitikpun keraguan
Wallohu a’lam
Alhamdulillah
21 Januari 2020
Manusia Pembelajar
Ngubaidillah Al Faqir

Related Posts

Post a Comment